Tawalinews.com, METRO – Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Provinsi Lampung menyerahkan bantuan 600 paket ikan kepada Pemerintah Kota Metro untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Penyerahan secara simbolis ikan sehat bermutu untuk menanggulangi covid-19 tersebut dilakukan diaula Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Jumat (15/5/2020).

Kepala BKIPM Lampung Rusnanto melalui Kabag Tata Pelayanan Herman Mude menerangkan, kegiatan tersebut menjadi bagian BKIPM untuk turut berperan aktif melawan Pandemi Covid-19 melalui penyediaan protein ikan kepada masyarakat dengan menyerap produk hasil perikanan dan menyalurkan kepada masyarakat terdampak.

“Ini diserahkan kepada masyarakat, pembudidaya ikan atau nelayan penampung dan pekerja perikanan terdampak Covid-19, masyarakat rumah tangga sektor perikanan yang terdampak Covid-19 sebanyak 600 paket,” ujarnya.

Menyambut penyerahan tersebut, mewakili Pemkot Metro Asisten II Yerri Ehwan menyampaikan rasa terimakasihnya atas peran serta BKIPM Lampung dalam mendukung percepatan penanggulangan Covid-19.

“Kami mewakili pemerintah kota metro, mewakili bapak walikota mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas dukungan dari balai karantina ikan Lampung. Karena pandemi Covid-19 ini telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat kita khususnya yang menengah kebawah. Kami berharap di hari yang baik ini, bantuan ini dapat memberikan berkah dan membantu ekonomi masyarakat yang terdampak,” kata Yerri.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Metro Anna Morinda yang turut serta menyaksikan penyerahan tersebut berharap bantuan tersebut tersalurkan tepat sasaran dan tidak tumpang tindih.

“Kita bersyukur kepada Allah dan sangat berterimakasih kepada teman-teman kementerian perikanan, mohon sampaikan salam kami karena Metro salah satu dari empat kabupaten dan kota di Lampung yang mendapatkan bantuan ini. Kami menyampaikan terimakasih karena banyak perhatian dari teman-teman utamanya komisi Empat DPR RI yang mengurusi kementerian perikanan, pak Sudin kebetulan ketuanya, dapilnya disini. Sehingga beliau mengarahkan kepada dapilnya. Kita berharap, bantuan dari manapun itu tidak dobel karena ada pihak lain yang sangat memerlukan,” bebernya.

Wanita yang juga merupakan ketua DPC PDI-Perjuangan Kota Metro itu juga meminta pemerintah Kota setempat untuk menyusun data masyarakat terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan darimana pun.

“Kita sekarang berfokus adalah kepada masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi ini. Ada musisi yang kehilangan jobs, rias pengantin, kuli tarup, pekerja pabrik yang menjelang lebaran ini mereka kehilangan pendapatan. Ini adalah bentuk perhatian kementerian perikanan, semua institusi harus bergerak kebawah berdasarkan perintah presiden, semuanya harus bergerak kebawah memberikan bantuan ke masyarakat. Karena bantuan terbatas, pemerintah daerah harus pandai menyusun data sehingga dapat dinikmati oleh lebih banyak orang atau keluarga terdampak Covid-19. Ini harus dikoordinasikan terus menerus bersama para pamong, Babinkamtibmas, Babinsa, para tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada dilingkungan itu,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan penyerahan ratusan box ikan secara simbolis itu juga dihadiri oleh perwakilan penerima dari 5 kecamantan se Metro dan disaksikan kepala DKP3 Kota Metro Hery Wiratno. (Medi

8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat