Karya : Abdul Jalil mahasiswa IAIN metro jurusan KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

METRO – Semua Pondok pesantren yang ada di lampung timur menyambut adanya wacana dari pemerintah mengenai new normal,

dimana new normal ini adalah sebuah scenario untuk mempercepat penanganan covid 19 dalam aspek kesehatan dan social ekonomi.

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan tentang rencana new normal dengan mempertimbangkan studi epidemologis dan kesiapan regional . seperti yang dilansir dibeberapa berita terkini mengenai situasi social masyarakat menjelang new normal di berlakukan. Khusunya di bidang Pendidikan.
Dalam dunia pendidikan ini mencangkup beberapa aspek yang sedang

Setelah diberlakukannya new normal tersebut. Wacana ini pula diterima cukup baik oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan. Seperti yang telah diwacanakan sebelumnya bahwa instansi pendidikan dibawah naungan pemerintah boleh melaksanakan Kegiatan belajar mengajar dengan tetap mengikuti anturan Protokol kesehatan, saat ini yang di perbolehkan adalah wilayah yang masuk dalam kategori zona hijau atau bebas covid 19 .

Situasi tersebut pula menjadi pertimbangan dari beberapa pesantren di wilayah zona hijau untuk kembali membuka program belajar mengajar, pesantren sendiri adalah lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan pemerintah khusunya kementrian agama ( kemenag ).

Menanggapi wacana pemerintah beberapa pesantren di sekitar kabupaten lampung timur mengapresiasi dengan baik, dikarenakan situasi covid 19 ini berdampak cukup besar khususnya dalam program belajar mengajar di pesantren, terlebih liburnya kegiatan belajar mengajar ini sudah dilakukan cukup lama, program pesantren memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika di bandingkan dengan sekolahan,

dimana pesantren biasanya mengadakan program akhir tahun seperti akhirusaanah atau khataman. Belum lagi program program yang biasa di lakukan kalangan santri di dalam pesantren yang sudah lama ditiadakan untuk memutus rantai covid 19.

“Kami berharap jika new normal di berlakukan di beberapa wilayah Indonesia tetap menggunakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, dan kami sangat senang jika belajar mengajar dilakukan kembali walaupun dengan beberapa system yang harus dirubah untuk memutus rantai covid 19, semoga dengan adanya wabah covid ini kita sebagai salah satu umat islam tetap melaksanakan kewajiban beragama serta selalu mendekatkan diri kepada allah swt untuk serta berikhtiar dan tawakal kita harus yakin bahwa allah selalu mengijabah doa kita dan kerja keras kita bersama, semoga covid 19 ini segera berakhir aamiinn ,kita haru tetap member perlawanan terhadap covid 19 ini namun dengan penuh kewaspadaan“ tutur fadhil nur hidayat santri Batanghari

Sama halnya pondok pesantren HIDAYATUL QUR’AN yang ada di desa Banjar Rejo 38 B kecamatan batang hari lampung Timur , Yang telah melaksanakan kegiatann belajar mengajar dengan penuh kewaspadaan santri

Pihak kepengurusan pondok pesantren untuk mensosialisasikan pada santrinya untuk Menjaga kesehatan fisik ,kebersihan social distencing dan memakai masker ,

walaupun ada salah satu santri yang masih melanggar protokol kesehatan yang sudah di setujui maka dari pihak kepengurusan pesantren langsung sigap menangani dalam hal tersebut dengan cara memberikan edukasi dan juga informasi mengenai bahayanya covid19, ,bahwa menjaga lebih baik dari pada kita terkena dampak.

“kita harus memulai kembali aktivitas mengaji seperti biasanya ,karna saya yakin betul hanya sebagian ketika kalian pulang rumah yang mau mengulas pelajaran lalu,sebab program pondok pesantren dan program sekolah sudah berbeda sebab program pesantren danprogram sekolah tidak bisa di samakan dalam satu waktu begitu pula sistim pelaksanaanya baik waktu dan tempatnya, dengan menyambut adanya new normal kita harus lebih semangat lebih giat kita tunjukan kita mampu mengaji di masa pandemi ini dengan penuh kewaspadaan ,yang kita hadapi bukan penjajah bersenjata ,yaitu ujian yang harus kita tempuh penuh kesabaran dan tawakal” ujar nugroho noto suseno lurah pondok pesantren hidayatul quran.

Dengan demikian Saya yakin semua pasti berharap pandemic ini harus cepat berakhir ,dengan berakhirnya pandemi kita bisa melaksanakan aktivitas normal seprti sedia kala ,tetaplah menjaga kesehatan tubuh anda dengan mengikuti protocol kesehatan yang telah di anjurkan pemerintah .

51

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *