METRO – Pemberian remisi secara serentak dilakukan di wilayah masing-masing oleh Kepala Daerah Setempat, dan sebanyak 347 Narapidana (Napi) di Lapas Kelas II A Kota Metro mendapat Remisi Umum, dari Kementerian Hukum Hak Asasi Manusia. Dengan mengusung tema “Indonesia Maju Tetap Pasti di Masa Pandemi”

Pemberian Remisi secara simbolis oleh Wakil Walikota Metro Djohan, dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI secara Virtual, Senin (17/08/2020).

Dalam Sambutan Djohan menyampaikan bahwa melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh warga binaan lembaga pemasyarakatan agar selalu patuh dan taat pada hukum dan norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab baik kepada Tuhan Maha Pencipta maupun kepada sesama manusia.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Metro kami menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan ini, terlebih karena saat ini kita sedang berupaya untuk mewujudkan masyarakat madani dan menciptakan tata pemerintahan yang baik di Kota Metro Bumi sai Wawai ini,” tandasnya.

Sementara dalam laporan Kepala Lapas Kelas II A  Ade Kusmanto mengatakan, bahwa remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan. Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari.

“Perbaikan itu tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disipilln, lebih produktif, dan dinamis. Sekedar diketahui, dari 347 Napi yang mendapat remisi 1 bulan sebanyak 66 orang, 59 orang mendapat remisi 2 bulan, 64 orang mendapat remisi 3 bulan, 70 orang mendapat remisi 4 bulan, 12 orang mendapat remisi 5 bulan, dan 3 orang mendapat remisi 6 bulan, jadi total jumlah remisi sebanyak 274 orang. Adapun rincian pemberian remisi umum I (Narkoba) PP 99, yang mendapat remisi 2 bulan sebanyak 5 orang, kemudian remisi 3 bulan ada 21 orang, remisi 4 bulan 35 orang dan remisi 5 bulan 12 orang, dengan total jumlah 73 orang,” tuturnya.

Dilanjutkan dengan pemberian remisi secara simbolis kepada perwakilan narapidana oleh Wakil Walikota Metro.

Turut hadiri Ketua DPRD Kota Metro, Kapolres, Kepala Kejaksaan,  Dandim 0411/Lampung Tengah, dan Sekda Kota Metro.(red/fadli)

47

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *