Metro (TN) — Kantor Kementerian Agama (Kan.Kemenag) Kota Metro memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) ke 75 Th, dengan menyelenggarakan upacara bendera.

Acara tersebut berlangsung dihalaman Kantor Kemenag Kota Metro. Selasa, 05 Januari 2021 pukul 08.00WIB.

Kepala Kantor Kemenag Kota Metro H Johan Yusuf,S.Ag.M.Pd.I, bertindak sebagai pembina upacara. Sedangkan pemimpin upacara dikomdoi oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Bambang Setiyadi,S.Ag.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag Kota Metro membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas dengan mengusung tema Indonesia Rukun.
Menurut Menag kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan akan sukar menggapai cita cita besar agar sejajar dengan bangsa lain.

Lebih lanjut Menag menyatakan ada tiga point tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.
Pertama, Manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.
Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai nilai kebangsaan.
Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Pada akhir sambutanya Menag mengajak untuk mengedepankan akal sehatdan hikamh kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun dimasa masa mendatang.

Dalam kesempatan itu dilaksanakan penyerahan piagam kehormatan satya lencana karya satya bagi ASN dengan masa pengabdian minimal sepuluh tahun, dan penyerahan Surat Keputusan (SK) terdaftar Majelis Taklim se Kota Metro oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Metro.

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara Kantor Kemenag Kota Metro, Kepala Kantor Urusan (KUA) Kecamatan, Kepala Madrasah (Kamad) Penyuluh Agama Islam Fungsional, Penyuluh Agama Honorer. Karena masih dalam masa pademi virus covid 19, hanya perwakilan yang secara langsung mengikuti upacar dan selebih dapat mengikuti dirumah secara online, karena upacara ini disiarkan secara langsung (PAH).(Humas/Red)

29

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *