Tanggamus (TN) – Mewakili Kapolsek Pugung Polres Tanggamus Ipda. Okta Devi, SH,MH., Kanit Sabhara Polsek Pugung Ipda. Zulkarnaen, Launching dan meresmikan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Pekon Tangkit Serdang Tingkat Kecamatan Pugung, kegiatan dilaksanakan di Balai Pekon Tangkit Serdang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Jumat (09/04/2021).

Tampak menghadiri Launching dan peresmian Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Pekon Tangkit Serdang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus tahun 2021 : Sekcam Kecamatan Pugung Zulkarnain, SE., Danramil Pagelaran Kodim 05-0424/Tanggamus Kapten.Arh. Turparno, Ka.UPT Puskesmas Rantau Tijang Daroli, SKM., Ketua FKDM Kecamatan Pugung Heri Apriyanto, Bhabinkamtibmas Brigka.Mukri Widodo, Banbisa Serma.Inf. Andi Rojali, Bidan Desa, Ketua TP-PKK Pekon Tangkit Serdang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Anggota Badan Himpunan Pekon (BHP), dan Aparatur Pemerintah Pekon Tangkit Serdang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan yang dipusatkan dibalai Pekon Tangkit Serdang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Pekon Tangkit Serdang tersebut terpilih menjadi pilot projek Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dalam mewujudkan wilayah yang tangguh dan tanggap terhadap Covid-19, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dan bahaya Covid-19 serta mendukung pemulihan ekonomi daerah.

Rangkaian peresmian meliputi sambutan-sambutan, dan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Kampung Tangguh Nusantara (KTN) oleh Kanit Sabhara Polsek Pugung Polres Tanggamus Ipda. Zulkarnaen, peninjauan hasil Pertanian dan Perkebunan masyarakat, Usaha Kecil Mikro (UKM) sebagai home industri rumahan sebagai penunjang perekonomian masyarakat yang ada di Pekon Tangkit, posko KTN, serta peninjauan rumah isolasi.

“Membacakan amanat Kapolda Lampung Irjen.Pol.Drs. Hendro Sugianto, M.Si., Kanit Sabhara Polsek Pugung Polres Tanggamus Ipda. Zulkarnaen, dalam sambutannya menyampaikan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara atas terlaksananya kegiatan ini sebagai wujud syukur terbentuknya Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Tingkat Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus.

“Sebagaimana diketahui bersama, bahwa sampai saat ini hampir 1 (satu) tahun sudah kita mengalami Pandemi Covid-19 dan telah menimbulkan korban yang cukup banyak baik yang meninggal dunia maupun di rawat di rumah sakit, “jelas Kanit Sabhara Polsek Pugung Polres Tanggamus Ipda. Zulkarnaen.

Menurutnya, dengan adanya wabah Covid-19 telah menimbulkan permasalahan yang berdampak kepada “Sosial, Budaya dan Ekonomi” seperti menurunnya daya beli masyarakat, dirumahkannya para pekerja, buruh pabrik, karyawan perusahaan, pegawai swasta dan pendidikan anak sekolah terganggu di seluruh daerah serta mengakibatkan dampak Psikologis yang luar biasa terhadap individu maupun masyarakat.

Berbagai upaya Pemerintah maupun Polri khususnya Polda Lampung, dan jajaran sampai Tingkat Desa/Pekon dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 serta penguatan ekonomi kerakyatan untuk melakukan Kolaborasi dengan Stakeholder, melalui pengembangan kultur kewira usahaan dan penggalangan partisipasi masyarakat.

Lalu, pelaku usaha dalam mengelola potensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga tidak terdampak pada krisis ekonomi.

“Semoga dengan diresmikannya Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Pekon Tangkit Serdang Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, dapat semakin tangguh dan masyarakatnya tidak ada yang terpapar Covid-19, “pungkas Kanit Sabhara Polsek Pugung Polres Tanggamus Ipda. Zulkarnaen. (AWPI/Heri Apriyanto).

21

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *