Metro, (TN) – Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati pimpin apel siaga dalam rangka penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kecamatan Metro Timur, didampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, dan Staf Ahli Walikota Metro Bidang I, Senin (26/04/2021).

Apel siaga ini dilaksanakan atas dasar Instruksi Walikota Metro Nomor : 4/INS/D-02/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Kelurahan Tangguh Nusantara (KTN) dalam Rangka Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) Tingkat Kelurahan se-Kota Metro.

Menurut AKBP Retno Prihawati, dilaksanakannya apel ini adalah bahwa PPKM Mikro ini sudah mulai dilaksanakan, yang sebenarnya sesuai Instruksi Kemendagri telah dimulai pada tanggal 20 April sampai dengan tanggal 3 Mei. Jadi, dalam hal ini Walikota Metro mendistribusikan turunan dari Kemendagri tersebut dan selanjutnya kita laksanakan PPKM Mikro ini di Kota Metro sampai dengan tanggal 3 Mei 2021.

Dalam apel ini, Kapolres Metro juga menyampaikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, dan harus dipahami bersama bahwa PPKM Mikro ini tidak jauh dari konsep sebelumnya. Salah satu kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat tersebut adalah membatasi tempat kerja / perkantoran sebesar 50% dengan memberlakukan prokes yang ketat.

“Konsep berbasis PPKM Mikro ini yaitu di tiap-tiap kelurahan memiliki tempat isolasi bagi pendatang ataupun yang terkena Covid-19. Dalam hal ini tentunya masih banyak kekurangan pada fasilitas-fasilitas yang ada, dan diharapkan bapak Walikota dapat memperbaiki fasiltas-fasilitas tersebut. Namun jika masih belum ada yang memungkinkan maka kita masih memiliki tempat isolasi berskala kota di Bumi Perkemahan,” katanya.

Lanjutnya, AKBP Retno Prihawati mengatakan bahwa akan membentuk beberapa Pos di tiap pintu masuk Kota Metro. “Untuk cek poin di pos masing-masing lokasi ini, kita akan terjunkan 10 personil tiap titiknya, dari Satpol PP 4 orang, Polri 3 orang, TNI 2 orang, dan sisanya dari Dinas Kesehatan dan Dishub,” ujarnya.

Tambahnya Kapolres Metro mengatakan, ada 3 kelompok besar yang harus kita lakukan, diantaranya sosialisasi dan edukasi dengan memanfaatkan masing-masing KTN yang ada, sosialisasi dan edukasi harus diberikan informasi yang valid dan akurat, selanjutnya ada operasi yustisi dan penegakan hukum yang akan dilakukan oleh TNI-Polri dan Satpol PP.

“Untuk para kader dan semua pihak, mari kita satukan hati untuk menjaga Kota Metro agar segera terbebas dari Covid-19 ini,” tutupnya.

Di lokasi berbeda, dilakukan Apel Siaga PPKM Mikro di Kecamatan Metro Barat yang dipimpin oleh Wakil Walikota Metro, Kecamatan Metro Pusat dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Metro, Kecamatan Metro Utara oleh Ketua DPRD Kota Metro, dan di Kecamatan Metro Selatan dipimpin oleh Komandan Kodim 0411/LT. (Red)

15

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *