Tawalinews.com – Maluku Tenggara

Bertempat di Pastoran Paroki Bombay, alamat Ohoi/Desa Bombay Kec. Kei Besar Kab. Malra, Wakapolsek Kei Besar IPDA Hi. ABDUL RAHMAN, Ps. Panit Propam BRIPKA P. BATLAYERI, BRIPKA J. JABAR, BRIPKA M.J.YARO & Bhabinkamtibmas BRIGPOL A. RUSFADIR, melaksanakan kegiatan DDS dan Sambang/kunjungan terhadap Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat & Tokoh Pemuda dalam rangka koordinasi sekaligus himbauan Kamtibmas terkait dengan Permasalahan konflik antara warga masyarakat Ohoi Bombay & warga masyarakat Ohoi Waur. (21/05/2022)

Pada pukul 10.00 WIT s/d pukul 11.00 WIT bertempat di Balai Ohoi/Desa Waur Kec. Kei Besar Kab. Malra, Ps. Kanit Samapta BRIPKA D. SETIAWAN, Ps. Kanit Binmas BRIPKA A. RAHALUS & Bhabinkamtibmas BRIGPOL A. SAHETAPY, melaksanakan kegiatan DDS dan Sambang/kunjungan terhadap Tokoh Masyarakat & Staf Perangkat Ohoi Waur dalam rangka koordinasi sekaligus himbauan Kamtibmas terkait dengan Permasalahan Konflik antara warga masyarakat Ohoi Bombay & warga masyarakat Ohoi Waur.

 

Mengajak Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda & Staf Perangkat Ohoi yang berada di Ohoi/Desa Bombay & Ohoi Waur untuk bersama-sama membantu pihak *TNI/POLRI* dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kec. Kei Besar Kab. Malra, khususnya di Ohoi/Desa Bombay & Ohoi Waur agar tetap dalam keadaan aman, kondusif & damai.

Menyampaikan kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda & Staf perangkat Ohoi yang berada di Ohoi/Desa Bombay & Ohoi Waur bahwa terkait dengan permasalahan konflik sosial yang terjadi antara warga masyarakat Ohoi Bombay & Ohoi Waur diberitahukan bahwa nanti akan dilaksanakan giat mediasi serta himbauan Kamtibmas yang akan disampaikan oleh Wakil Uskup Wilayah Kei Besar RD. FRANS LESOMAR bersama Kapolsek Kei Besar AKP. ST. KASIHIUW & Danramil 1503-02 Kei Besar LETDA F. MELMAMBESSY, yang direncanakan akan dilaksanakan pada sore hari ini mulai pukul 17.00 WIT s/d pukul 20.00 WIT berlokasi di Gedung Gereja Katholik Ohoi Bombay & Gedung Gereja Katholik Ohoi Waur.

Menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang berada di Ohoi/Desa Bombay & Ohoi Waur agar tidak melakukan aksi saling jaga serta mengumpulkan kosentrasi massa dengan membawa alat tajam berupa : parang, tombak, panah busur, ketapel dll yang dapat mengancam & membahayakan keselamatan jiwa diri sendiri maupun orang lain.

Menyampaikan kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda & Staf Perangkat Ohoi yang berada di Ohoi Bombay & Ohoi Waur agar dapat mengarahkan seluruh umat maupun warga masyarakatnya untuk tetap saling menahan diri & tidak melakukan tindakan/perbuatan yang dapat mengarah pada Tindak Pidana serta menimbulkan potensi gangguan Kamtibmas di wilayah Kec. Kei Besar Kab. Malra.

Mengajak kepada seluruh warga masyarakat yang berada di Ohoi Bombay & Ohoi Waur agar tidak mudah terprovokasi dengan isue maupun berita HOAX yang berkembang di media sosial terkait dengan permasalahan konflik sosial antara warga masyarakat Ohoi Bombay & Ohoi Waur.

*Adapun tanggapan dan respon yang disampaikan oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda & Staf Perangkat Ohoi dari kedua pihak antara lain sbb :

Tokoh Agama dalam hal ini Pastor Paroki Bombay RD. JACK BEDY memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada personil Polsek Kei Besar yang sudah memberikan Himbauan Kamtibmas serta berupaya untuk menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Kecamatan Kei Besar khususnya Ohoi Bombay sehingga masih tetap dalam keadaan aman terkendali.

Pejabat Ohoi Bombay Bpk. ROBERTH WENEHENUBUN mewakili Staf Perangkat Ohoi & warga masyarakat Ohoi Bombay menyampaikan kepada pihak Kepolisian Sektor Kei Besar agar secepatnya permasalahan konflik antara warga masyarakat Ohoi Bombay & Ohoi Waur dapat diselesaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang lain sehingga warga masyarakat Ohoi Bombay juga dapat beraktivitas kembali dengan normal.

Ketua Pemuda Ohoi Bombay Sdr. FERY YEUYANAN, menyampaikan kepada pihak Kepolisian Sektor Kei Besar agar secepatnya warga masyarakat Ohoi Waur An. HERAD FARNEUBUN Alias ACHAK, oknum Penganiayaan terhadap salah seorang pemuda Ohoi Bombay segera diamankan di Kantor Polsek Kei Besar sehingga warga masyarakat Ohoi Bombay merasa puas dan tidak melakukan tindakan/perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Kepala Ohoi Waur Bpk. BENEDIKTUS FARNEUBUN memberikan apresiasi & ucapan terima kasih kepada personil Polsek Kei Besar yang sudah membantu manjaga keamanan & keselamatan warga masyarakat Ohoi Waur yang hendak melaksanakan aktivitas di Pasar maupun Pelabuhan Elat serta menyampaikan kepada pihak Kepolisian agar dapat memberikan himbauan kepada warga masyarakat Ohoi Bombay untuk tidak lagi melakukan aksi saling jaga dengan membawa alat tajam terhadap warga masyarakat Ohoi Waur.

Kepala Ohoi bersama Staf Perangkat Ohoi & warga masyarakat Ohoi Waur menjamin bahwa tidak melakukan tindakan/perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas serta akan membantu pihak Kepolisian Sektor Kei Besar untuk proses penyelesaian masalah antara warga masyarakat Ohoi Waur & warga masyarakat Ohoi Bombay.

Leave a Reply

Your email address will not be published.